Halaman

Selasa, 31 Maret 2020

KISI-KISI UAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL 2019


Berikut ini adalah bahan-bahan yang akan digunakan dalam UAS Pendidikan Ilmu Sosial. Silahkan Mempelajari bab-bab yang telah dipelajari dan pelajarilah pertanyaan berikut ini untuk mengasah critical thinking anda dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.



  1. Apakah yang and pahami tentang Pendidikan Ilmu Sosial? 
  2. Bagaimanakah implikasi dari pembelajaran Pendidikan Ilmu Sosial dalam kehidupan anda sebagai mahasiswa?
  3. Bayangkan bahwa anda berprofesi sebagai guru. Dalam melakukan proses pembelajaran, anda akan menjumpai berbagai macam tingkah laku dan karakteristik siswa yang berbeda-beda dalam memahami suatu pelajaran. Bagaimanakah cara anda menangani permasalahan tersebut untuk mencapai hasil maksimal dalam proses pembelajaran?
  4. Sejarah merupakan sebuah kejadian unik yang dapat dijadikan sebagai pelajaran sehigga kejadian tersebut dapat diingat sepanjang masa. Berdasarkan hal tersebut, apakah semua kejadian dapat kita jadikan sebagai sejarah? Jika iya/tidak jelaskan dan berikan contoh!
  5. Ilmu Geografi bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Geografi memiliki 10 konsep dasar dalam menentukan karakteristik suatu daerah/tempat. Sebutkn dan jelaskanlah masing-masing konsep tersebut!
  6. Apakah perbedaan dari ilmu, pengetahuan dan filsafat?
  7. Sebutkandan jelaskanlah Prinsip Ekonomi!
  8. Indonesia merukapakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman yang sangat beragam, baik dari bahasa  maupun adat istiadat. Menurut anda, apakah keanekaragaman  tersebut dipengarui oleh kondisi kehidupan sosial dan keadaan struktur geografi? Jelaskan!
  9. Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari prilaku individu dan masyarakat dalam menggunakan sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Menurut anda bagaimanakah kegiatan perekonomian di Kabupaten Nganjuk pada saat iniDapatkah anda mendeskripsikan contoh kegiatan ekonomi di kabupen Nganjuk dalam hal menghasilkan barang dan jasa!
  10. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kolompok, dan kelompok dengan kelompok. Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah jauh dengan yang namaya hubungan sosial, karena bagaimanapun hubungan tersebut memengaruhi perilaku orang-orang. Menurut anda seberapa pentingkah pembelajaran sosiologi dalam kehidupan anda sebagai mahasiswa PKn?
  11. “HUKUM TUMPUL KEATAS DAN TAJAM KEBAWAH” bagaimanakah menurut anda istilah unik diatas jika dikaitkan dengan REALITA dan PANCASILA? Mengapa hal itu bisa terjadi?Jelaskan! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you have question, please written in comment column