Halaman

Kamis, 27 Februari 2020

PERILAKU WARGA NEGARA YANG BAIK DAN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB


Indonesia adalah negara yang dianugerahi sumber daya alam yang berlimpah, anugerah itulah yang membawa Indonesia menjadi bahan rebutan oleh negara-negara lain di zaman dahulu. Sehingga pahlawan pun harus mengerahkan segala kemampuan fisik dan taktik demi  merebut kemerdekaan Indonesia agar rakyat Indonesia bisa hidup tenang dan damai. Mereka rela mengorbankan jiwa maupun raga untuk menghadapi peperangan melawan penjajah. Sebagai generasi penerus bangsa kita diharapkan dapat menghargai jasa para pahlawan, bukan dengan mengangkat senjata tetapi dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada.
 Hal ini dapat kita wujudkan dengan hal yang sangat sederhana yaitu dengan  menjadi warga negara yang baik. Indonesia adalah negara hukum, dimana setiap perilaku yang menyangkut tentang norma-norma kehidupan diatur di dalam sebuah konstitusi negara yang kita sebut dengan Undang-Undang Dasar 1945 serta peraturan-peraturan dibawahnya. Selain itu, negara Indonesia juga berpegang teguh pada Pancasila yang memiliki andil yang sangat besar atas keberlangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.
Tetapi kita tahu, walaupun sudah tercukupi dan aman dalam segala bidang masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Seperti pelanggaran terhadap norma, ketidakadilan, korupsi, dan masih banyak lagi. Pemerintah telah berusaha dalam memajukan dan mensejahterakan bangsa dan negara Indonesia, tetapi tetap saja ada masalah yang mucul. Tetapi kita juga tidak bisa menggantungkan semuanya kepada pemerintah, sebagai warga negara yang baik kita juga harus berpartisipasi untuk melindungi dan ikut menjaga bangsa dan negara. Misalnya dengan mencari informasi tetang kebenaran dan memberantas berita hoax (tidak benar), dan memberikan informasi yang bermanfaat.
Menjadi warga negara yang baik dapat kita wujudkan dengan hal-hal sederhana, seperti percaya terhadap agama yang kita yakini, rajin beribadah agar tetap dekat dengan Tuhan Yang Maha Kuasa, menjauhi segala larangan-Nya agar kita tidak terjerumus ke hal yang  buruk yang dapat merugikan diri kita sendiri, selalu berperilaku jujur agar orang lain selalu percaya terhadap tindakan dan perkataan kita, dan juga kita harus saling menghormati terhadap orang lain karena jika ingin dihormati kita juga harus menghormati.
Sikap saling tolong menolong juga perlu kita tumbuhkan karena kita sebagai makhluk sosial pasti akan memerlukan bantuan orang lain dan tidak mungkin kita hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Kita juga harus menjaga kelestarian lingkungan karena dengan menjaga kelestarian lingkugan kita akan terhindar dari berbagai macam bencana dan penyakit. Menjaga kelestarian lingkungan dapat kita wujudkan dengan membuang sampah pada tempatya, reboisasi, mendaur ulang sampah plastik, dan lain sebagainya. Berusaha menjadi warga Indonesia yang baik juga harus kita sertai dengan rutin membayar pajak setiap tahun, menaati peraturan lalu lintas untuk mencegah kecelakaan dan mengurangi kemacetan, memiliki KTP yang masih berlaku di Indonesia, dan ikut menjaga fasilitas umum yang telah disediakan.
Selain itu  masih banyak masalah yang harus diselesaikan. Kita sebagai makhluk sosial tidak bisa menyelesaikan masalah dengan cara individu. Agar masalah cepat selesai, kita harus menggunakan taktik musyawarah agar tidak ada keputusan sepihak yang menyebabkan perselisihan. Dengan jalan musyawarah banyak keputusan yang kita ambil dan tentunya tidak akan merugikan salah satu pihak. Negara Indonesia adalah negara hukum, maka dari itu kita harus memiliki jiwa keadilan dalam memutuskan sebuah perkara. Bagi yang melakukan pelanggaran tetap harus dihukum dan yang benar harus dibebaskan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan merasa bahwa keadilan di Indonesia sangatlah kuat. Mencintai produk dalam negeri pun termasuk contoh menjadi warga negara yang baik agar produk lokal Indonesia bisa bersaing dengan produk internasional.dan juga memembantu memajukan pertumbuhan industri nasional yang akan meningkatkan produktivitas dan permintaan, selain itu juga untuk mengurangi ketergantungan dengan produk impor.
                 Contoh sikap warga negara yang tidak bertanggung jawab dalam menjaga bangsa dan negara, seperti banyaknya perusahaan atau pabrik yang membuang limbah disungai tanpa menyaringnya terlebih dahulu sehingga menimbulkan pencemaran udara dan air, menebang semua pohon dihutan secara ilegal tanpa memilah-milah terlebih dahulu dan tanpa menanamnya kembali sehingga dapat menyebabkan banjir ketika musim hujan. Berburu hewan dihutan juga merupakan perilaku yang tidak bertanggung jawab karena dengan menangkap hewan tersebut akan menyebabkan terancamnya populasi hewan tersebut sehingga menyebabkan kelangkaan. Menangkap ikan dilaut dengan menggunakan bahan kimia atau bahan peledak juga mimiliki dampak yang sama dimana hal ini bisa menyebabkan rusaknya ekosistem laut dan terumbu karang serta pencemaran lingkungan laut.
                 Selain itu, melanggar hukum dan norma-norma juga murupakan hal yang tidak bertanggung jawab, seperti tidak membayar pajak setiap tahunnya yang merupakan kewajiban setiap warga negara, melakukan korupsi yang sama saja dengan mencuri uang negara dan merugikan keuangan negara. Terjadinya korupsi dapat dipicu karena beberapa faktor yang muncul dalam diri sendiri yaitu ketamakan dan juga faktor ekonomi , politik dan lain lain.
                 Maka dari itu kita sebagai warga negara yang baik hendaklah kita patuh terhadap norma norma yang telah ditentukan,  menghindari semua larangan yang telah ditentukan.  Juga kita harus memiliki jiwa nasionalisme agar kita selalu cinta tehadap bangsa dan negara,  selalu ada rasa untuk ingin menjaga dan melindungi bangsa indonesia.

SUMBER:
https://yunaarifa.wordpress.com/2014/04/21/perilaku-warga-negara-yang-baik/

BY: Dwi Indah Pratiwi (201910402102)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you have question, please written in comment column