Halaman

Senin, 24 Februari 2020

SURVEY PEMBELAJARAN

Survey penilaian dosen, ini saya lakukan agar mendapat feedback dari mahasiswa terkait pembelajaran yang akan, sedang dan telah dilakukan. yang tersaji ini adlaah survey penilaian pribadi, karena saya sebagai dosen ingin terus berusaha mengembangankan diri melalui kritik, saran dan masukkan dari mahasiswa.

1. SURVEY PEMBELAJARAN STRUCTURE II (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
PERTANYAAN
1
2
3
4
5
1
6
Menurut saya malah membuat saya bingung
Lebih asik saat belajar Di kelas
5
Sama dengan biasa
2
5
Mudah namun lebih mudah jika belajar secara langsung dengan dosen, dengan begitu kita dimudahkan dengan penjelasan secara langsung.
Penjelasan nya secara langsung lebih bagus karena jika hanya membaca materi belum tentu bisa dengan mudah dimengerti.
6
Menurut saya sistem penilaian sekarang sudah baik. Melalui google classroom sehingga kita langsung bisa melihat nilai kita sendiri setelah dinilai.
3
4
Memudahkan
Pertemuan pertama materi pertemuan kedua tugas.
4
Untuk nilai bagus.
4
5
Tentunya daring membuat belajar lebih sedikit sulit dalam memahami materi
Diberikan penjelasan secara langsung melalui ucapan dari dosen 
6
Sejauh ini dalam sistem penilaian sudah cukup baik, hanya saja mungkin jika paper mahasiswa sudah dinilai dan dikembalikan, alangkah baiknya jika paper yang dikembalikan itu ada coretan-coretan (jika ada yang salah) supaya mahasiswa tau kesalahannya dimana. 
5
4
tidak, karna saya ketetoran saat ada tugas banyak. 
seharusnya dilakukan diskusi bersama, di soal setelah di jelaskan dengan sejelas jelas nya
5
sistem penilainya sudah baik tapi tidak di jelaskan kenapa terjadi kesalahan dan   seharusnya jawabannya apa tidak ada
6
4
Iya terkadang
1. Seharusnya materi dijelaskan dengan bahasa Indonesia dicampur bahasa Inggris.
2. Materi yang dijelaskan harus sesuai bab, seperti dalam penggunaan to be pada modal, yang dijelaskan kurang tepat.
3. Jika ada yang bertanya pada komentar Google Classroom dan via WA seharusnya dijawab, karena para mahasiswa sudah bertanya sesuai jam mata kuliah.
4
Cukup memuaskan, tetapi seharusnya lebih teliti dalam menilai.
7
6
Menurut saya kurang memudahkan, karena menurut saya pembelajaran structure II akan memudahkan dalam belajar ketika bisa berinteraksi secara langsung kepada dosen dan rekan-rekan. Sehingga kita bisa secara langsung melakukan pemahaman bersama, dan tanya jawab secara langsung.
Menurut saya, pembelajaran structure adalah pembelajaran yang menyangkut tentang pemahaman, alangkah lebih baiknya jika pembelajarannya tidak hanya diberi soal-soal yang harus di isi, namun mahasiswa dilatih untuk memahaminya dalam mengimplementasikan apa yang ada dalam pembelajaran structure, seperti mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
7
Menurut saya sistem penilaian sudah baik, karena sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh siswa, dan dosen pun juga secara langsung merevisi kesalahan siswa, sehingga siswa tau dimana letak kesalahannya. 
8
4
Tidak
Diberi sejumlah video menarik  
5
Sudah bagus
9
7
Iya 
Meskipun secara daring seharusnya mahasiswa tetap dibekali penjelasan sehingga ketika ada mahasiswa yang tidak mengerti mampu mengerjakan tugas dengn baik. 
7
Tetap dibekali penjelasan secara rinci
10
6
Secara materi saya sebenarnya lebih mudah untuk memahami sesuatu dengan penjelasan lisan dari dosen. Jadi sejauh ini pembelajaran structure dengan cara online agak membuat saya kesulitan. 
Saya rasa seharusnya ada keseimbangan antara tatap muka langsung dengan dosen dan materi baca. 
Saya rasa penilaiannya sudah cukup subjektif. 
11
6
Satu sisi menguntungkan tapi satu sisi menyulitkan, karena kita harus mencari kualitas jaringan agar bisa mengikuti pembelajaran secara daring. Dan kendalanya juga pada kuota internet yang terkadang menipis
Mungkin, bisa lebih ditingkatkan lagi dalam penjelasan materi
6
Sejauh ini  pembelajarannya sudah baik. Tapi permasalahannya ada pada jaringan internet
12
4
Tidak
Dijelaskan secara detail dan berulang-ulang 
4
Kurang paham
13
5
Kurang
Seharusnya dilakukan secara bertatap langsung karena banyak penjelasan yang harus dijelaskan
6
Sudah bagus, namun terkadang jika jawaban sama entah itu sengaja atau tidak pasti dibilang mencontek
14
6
Sedikit memudahkan. Karena kita mendapat penjelasan secara tertulis, sehingga dapat dijadikan sebagai catatan pribadi di buku masing2. Tugas yang diberikan juga sesuai dengan buku penunjang yang digunakan.
Dijelaskan terlebih dahulu secara lisan dan rinci baru diberikan tugas. Karena pada beberapa materi terdapat kekeliruan dalam pengetikan, sehingga membuat mahasiswa bingung dalam memahami maksud materi yang sedang disampaikan.
7
Kita tidak hanya sekedar diberi tahu berapa nilai kita melalui google classroom atau blog, tetapi juga diberikan penjelasan secara langsung tentang kesalahan kita dalam mengerjakan soal. Paling tidak bisa mencoret2 paper mahasiswa. Ini akan membantu kita dalam mempelajari kesalahan. Walaupun di halaman blog sudah dicantumkan jawaban yang benar, tetapi beberapa dari kita terkadang malas untuk mengecek dan cenderung menerima hasil tanpa mempelajari kesalahan dikarenakan kesibukan di luar pembelajaran (kerja).
15
4
tidak
harus melalui penjelasan voice note atau video penjelasan
5
sistem penilaian nya melalui Google classroom
16
4
tidak
dijelaskan dengan detail
6
terdapat penjelasan kesalahan
17
7
Tidak, karena banyak kendala dan hambatan.
Sejauh ini pembelajaran sructure II sudah bagus, tapi menurut  saya pembelajaran structure II perlu ditingkatkan lagi.
7
Seharusnya memberikan tugas, yang pengumpulan tugasnya yang jelas memberi waktu yang   pasti agar pengerjaan, dan penilaian tugas dapat berjalan dengan baik.
18
6
Kurang memudahkan 
Face to face 
7
Dengan memberi nilai langsung setiap ada tugas atau UTS serta meberitahu jika ada yang salah itu sudah cukup baik


2. SURVEY PEMBELAJARAN WRITING I (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
PERTANYAAN
1
2
3
4
5
1

Memudahkan
Pertemuan minggu pertama materi minggu kedua tugas
4
Sudah bagus
2
5
Untuk pembelajaran writing, dalam daring ataupun langsung dengan dosen menurut saya sama mudahnya. Dikarenakan untuk writing sebenarnya kita sudah mempelajari dari masa saat SMK. Namun juga perlu belajar lebih giat lagi.
Lebih bagus jika belajar dengan dosen secara langsung. Dikarenakan untuk daring selalu terkendalan sinyal dan lain sebagainya. Untuk pembelajaran writing yang sekarang menurut saya sudah bagus. Tapi alangkah baiknya jika dosen menambahkan pesan suara saat menjelaskan.
6
Melalui google classroom itu sudah yang seharusnya, dikarenakan itu sangat memudahkan kita melihat nilai kita.
3
7
Secara daring tentunya sedikit mengalami kesulitan dalam pemahaman materi.
Saya pribadi lebih mudah memahami materi jika dijelaskan secara langsung, jadi sebaiknya penjelasan materi dilakukan secara langsung dengan suara/ucapan dosen.
6
Sama seperti structure, penilaiannya sudah cukup baik. Namun, lebih baik lagi jika diberi coretan pada paper mahasiswa apabila terdapat kesalahan.
4
6
Menurut saya memudahkan
Pembelajaran writing menurut saya sudah efektif, karena kita terus dilatih untuk menulis dengan baik dan benar.
6
Menurut saya sudah baik, dan sangat membantu, karena ketika mahasiswa ada kesalahan, dosen langsung menunjukkan letak kesalahannya dan merevisi.
5
5
bisa jadi iya, bisa jadi tidak karna ia saya bisa cari tau cara² buat kalimat, tidak karna kurangnya penjelasan secara langsung oleh dosen saya sulit memahami materi
dilakukan secara langsung, atau mungkin jika tidak bisa langsung bisa lewat seperti vidio call banyak trus dosennya menjelaskan seperti biasa atau lewat vidio dosen menjelaskan trus kita bisa bertanya jika kurang jelas seperti itu
5
dijelaskan letak kesalahan dan diberi tahu seharusnya jawaban yang benar
6
4
Iya terkadang
1. Saat memberi tugas seharusnya jangan terlalu banyak dan sulit, seharusnya secukupnya saja dan cukup dikuasai oleh mahasiswa dalam memberi tugas.
2. Saat menjelaskan materi, seharusnya lebih teliti dalam menjelaskan. Harus sesuai dan tidak salah - salah, karena bisa membingungkan mahasiswa dalam menangkap materi.
3. Jika ada yang bertanya melalui Google Classroom pada saat jam mata kuliah, seharusnya dijawab.
4
Sudah cukup memuaskan, tapi harus lebih teliti.
7
7
Mudah dipahami karena penjelasannya jelas juga dibantu Youtube dan referensi lain
Sudah bagus
7
Sudah bagus
8
7
Alhamdulillah iya
Tetap diberikan penjelasan secara rinci
7
Menurut saya sudah baik dan objektif, jadi tidak ada komentar
9
5
Saya bukan tipe orang yang akan sangat mudah memahami sebuah materi hanya dengan membaca, menurut saya pembelajaran hanya dengan membaca kurang efektif
Ada peran aktif guru menjelaskan dan tanya jawab dengan murid
6
Sudah cukup subjektif
10
6
Memudahkan
Lebih ditingkatkan lagi dalam penyampaian materi
6
Menurut saya sejauh ini sudah baik
11
6
Tidak
Dijelaskan secara detail ,dan diberikan contoh yang jelas dan tidak membingungkan
6
Saya kurang paham
12
6
Bisa dibilang seperti itu
Seharusnya tetap bertatap muka langsung agar dosen bisa memberikan penjelasan secara langsung
6
Bagus, namun terkadang saat jawaban sama entah sengaja atau tidak pasti dianggap mencontek sehingga nilai dikurangi
13
6
Tidak sepenuhnya. Karena kita berusaha memahami materi secara mandiri tanpa harus dijelaskan sehingga terkadang saya kurang yakin dalam merangkai sebuah kalimat.
Dijelaskan terlebih dahulu secara lisan. Tapi berhubung masih dalam keadaan yang tidak memungkinkan paling tidak dibuatkan sebuah ebook rangkuman sebagai pedoman kami dalam membuat kalimat.
6
Kita tidak hanya sekedar diberi tahu berapa nilai kita melalui google classroom atau blog, tetapi juga diberikan penjelasan secara langsung tentang kesalahan kita dalam mengerjakan soal. Ini akan membantu kita dalam mempelajari kesalahan. Walaupun di halaman blog sudah dicantumkan jawaban yang benar, tetapi beberapa dari kita terkadang malas untuk mengecek dan cenderung menerima hasil tanpa mempelajari kesalahan dikarenakan kesibukan di luar pembelajaran (kerja).
14
4
tidak
dengan menggunakan voice note atau video penjelasan secara rinci
5
sistem penilaian writing dengan menggunakan google classroom
15
4
tidak
dijelaskan dengan detail
6
mendapat penjelasan dari kesalahan
16
7
Tidak, karena banyak kendala dan hambatan.
menurut saya pembelajaran writing I perlu ditingkatkan, sejauh ini pembelajaran writing I sudah bagus.
7
Seharusnya memberikan tugas, yang pengumpulan tugasnya jelas. memberi waktu yang pasti, agar pengerjaan dan penilaian tugas dapat berjalan dengan baik.
17
6
Alhamdulillah sedikit membantu
Face to face di dalam kelas dengan kegiatan belajar mengajar
6
Dengan memberi nilai langsung jika ada tugas yang telah d kumpulkan dan memberi koreksi itu sudah cukup baik

3. SURVEY PEMBELAJARAN SOCIOLINGUISTIC (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
PERTANYAAN
1
2
3
4
5
1
7
Cukup tetapi lebih memudahkan untuk bertatap langsung
Interaksi langsung antara mahasiswa dan dosen
7
Seperti ini sudah bagus
2
7
Iya. Karena penggunaan media online sudah sangat maksimal jadi pembelajaran sangat menyenangkan
Menurut saya pengajaran yang sekarang sudah begitu Bagus
6
Mungkin penilaian keseluruhan kelas harusnya di berikan lewat google classroom. Karena ada beberapa anak yang tidak tau tentang keseluruhan nilai yang dibuat dosen.
3
6
Lebih mudah saat bertatap muka dengan dosen
Dilaksanakan dengan tatap muka langsung
6
Kalau secara daring menurut saya sudah baik
4
7
Iya dapat.. Sy bersyukur dgn proses yg d lakukan slama ini (tanpa video call), sehingga tanpa perlu menggunakan bnyak kuota. Tp perlu belajar extra karena harus memahami sndiri materi yg d berikan..
Seharusnya dosen memberikan bnyak contoh2 ttg sub materi sociolinguistic dalam kehidupan skitar.. karena jika hanya berpanduan pada buku induk yg diberikan, mahasiswa merasa kesulitan..
7
No comment.. Everthing is ok miss..😁
5
6
Cukup. Actually, untuk bljr sociolinguistic enaknya ya face to face. Karena bljr banyak bahasa  dr different local,
Karena lagi pandemik covid 19, pengennya pembelajaran lewat zoom. Paling tdk ada tatap muka online jadi bervariasi.
6
Slma ini kita sdh dpt nilai dr google class.itu ckp mewakili dan sdh bagus. Sesekali penilaiannya pas video call gt. Langsung bertatap muka.
6
7
Iya
Sudah baik
7
Sudah baik.
7
4
Tidak
Face to Face or zoom
5
Cek hasil jawaban
8
5
Ya, cukup memudahkan kita untuk belajar tentang SOCIOLINGUISTICS. Karena kita juga dapat mencari referensi lain secara daring.
Sebaiknya pembelajaran SOCIOLINGUISTIC lebih mudah dilakukan secara face to face (belajar secara langsung di kelas) sehingga kita dapat lebih mudah memahami.
7
Menurut saya penilaian pembelajaran SOCIOLINGUISTIC yang dilakukan secara Daring sekarang ini, sangat bagus. Karena setelah mengumpulkan tugas berselang beberapa hari kita dapat mengetahui Nilai Tugas kita, berbeda dengan manual.
9
6
Menurut saya pembelajaran SOCIOLINGUISTIC secara daring ada mudah dan sulitnya, dengan penjelasan tertulis yang secara rinci dapat dengan mudah memahaminya tapi saat tidak paham mengenai materinya harus baca - baca dari sumber lain.
Menurut saya seperti ini sudah cukup.
7
Menurut saya sistem penilaian pembelajaran SOCIOLINGUISTIC sangat sportif, jadi saat mahasiswa telat mengumpulkan tugas mendapatkan konsekwensi berupa nilainya tidak akan sama dengan mahasiswa yang mengumpulkan tepat waktu.
10
6
ya
sebaiknya ada tatap muka secara langsung antara pengajar dan mahasiswa
6
subjektif
11
6
saya masih sulit mengakses dengan handphone
penjelasan materi yang mudah dimengerti
6
penilaian yang memungkinkan mahasiswa mengetahui hasil




4. SURVEY PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
PERTANYAAN
2
3
4
5
6
1
7
Iya
Dengan diberikan materi yang cukup jelas, sehingga mahasiswa dengan mudah memahami materi
7
Nilai langsung dicantumkan agar mahasiswa dapat mengukur kemampuan dan daya fikirnya
2
7
Memudahkan dalam belajar, karena bisa belajar bahasa Inggris di manapun
Lebih banyak menekankan pada penggunaan vocabulary dan pelatihan tenses
7
Dinilai dari keaktifan belajar dan pengumpulan tugas yang tepat waktu, serta jawaban yang digunakan dalam mengumpulkan tugas
3
6
Lumayan memudahkan
Lebih menekankan pada pembelajaran pengucapan, mungkin karena kultur Indonesia jadi agak susah faham dengan pelafalan
6
Sudah baik, disampaikan secara transparan
4
5
Tidak
Alangkah baiknya untuk pembelajaran b.inggris dilaksanakan secara tatap muka
5
Seharusnya dijelaskan dalam bentuk video atau pesan suara
5
5
Iya.. melihat kondisi saat ini karena pandemi corona . Daring memudahkan mahasiswa mempelajari materi perkuliahan.
Menurut saya harus lebih menjelaskan agar mahasiswa lebih paham mengenai materi yang di ajarkan. Di bantu dengan contoh dan media pembelajaran yang menarik.
6
Obyektif dan sesuai dengan hasil yang di capai mahasiswa masing-masing.
6
6
Alhamdulillah iya
Seharusnya menggunakan pembelajaran tatap muka
7
Sistem penilaiannya sudah baik
7
6
Iya
Di kasih kejelasan
6
Bagus
8
6
Iya
Harus ada tambahan untuk bertatap muka sehingga lebih mempermudah lagi dalam pembelajaran
6
Dilakukan secara transparan
9
6
Iya,  karena pada kondisi pandemi corona saat ini pembelajaran daring dapat menjadi solusi agar  kegiatan pembelajaran tetap berlangsung dan memudahkan mahasiswa untuk tetap mendapatkan materi perkuliahan. 
Menurut saya pada saat pembelajaran harus diberikan penjelasan mengenai materi yang akan diberikan agar mahasiswa menjadi lebih mudah untuk menerima dan memahami materi yang disampaikan.  Dapat diberikan media pembelajaran power point dan sebagainya untuk memberikan materi dan contoh. 
6
Sesuai dengan kemampuan dan hasil yang telah dicapai setiap mahasiswa
10
5
Ya
Sedikit susah,tapi menyenangkan
7

11
5
Lumayan bisa
Bertatap muka face to face tapi saat ini ada kendala jadi tidak masalah jika menggunakan alat komunikasi ponsel(hp)
6
Kalau saya sih setuju saja dosen memberikan tugas dan waktu deadlinenya kapan saya akan kerjakan tugas itu dengan baik
12
7
iya
diberikan materi secara langsung
7
tidak ada masalah pada penilaian
13

Ya
Setiap pertememuan membahas materi,tidak tugas terus
6
Penilaian sudah baik
14
6
Menurut saya cukup memudahkan namun saya sedikit kesulitan untuk memahami karena kurang bertatap muka langsung
Ya seharusnya kita bisa bertemu langsung dengan dosen supaya lebih mudah untuk bertanya apa yang sulit dan mana yang tidak di pahami apa lagi saya yang sangat kurang memahami bahasa inggris
6
Ya penilaian yang dilakukan sudah cukup baik tetapi dalam absensi masih ada kekurangan sedikit dalam pengisian absensi daring
15
6
Tidak
Dilakukan pembelajaran dengan cara tatap muka agar yang blum paham bisa ditanyakan dan d jelaskan secara rinci
7
Seperti biasanya saja,selesai mengerjakan  besok muncul nilai agar peserta didik tau seberapa kemampuanya
16
6
Iya
Menurut saya , pembelajaran daring bahasa inggris saat ini cukup baik, namun jangan hanya diberikan tugas saja , namun materinya juga harus dijelaskan , agar mahasiswa lebih mengerti lagi
6
Menurut saya, penilaiannya harus sesuai dengan bobot  jawaban dari tugas yang diberikan dan waktu pengumpulan harus sesuai dengan ketentuan dosen
17
6
Iya dibandingkan dengan mata kuliah yang lain bahasa Inggris lebih mudah daringnya , tapi tidak dengan jawabannya
Saya lebih setuju jika tugas individu daripada kelompok Karena kelompok lebih mensulitkan mahasiswa
6
Sudah efektif jika mahasiswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu tanpa konfirmasi maka jangan diterima , begitu pun sebaliknya jika mahasiswa sudah mengerjakan nya walaupun kurang maksimal setidaknya mahasiswa sudah berusaha jadi patut diberikan nilai
18
7
Iya

7

19
7
Ya

7

20
3
Tidak, saya kurang menguasai materi yang di berikan
Menerangkan satu persatu materi secara terperinci
4
Menurut saya pembelajaran bahasa inggris melalui daring sudah bagus. Tapi saya kurang menangkap materi yang di ajarkan jikalau dosen hanya memberi tugas
21
6
Ya
Di Praktekan dalam penyampaian nya
7
Sudah Bagus
22
6
Binggung Miss, karena tidak dijelaskan secara langsung
Face to face
5
Mungkin pakai aplikasi, tapi kekurangan nya ada teman yang hp nya tidak memungkinkan
23
5
iya
Harusnya tetap harus dilakukan secara langsung, karena jika dilakukan secara langsung semua kemampuan dasar bahasa inggris dapat diterapkan, yaitu kemampuan listening, kemampuan speaking dan writing
6
sudah benar menggunakan tugas tugas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you have question, please written in comment column