1. SURVEY PEMBELAJARAN STRUCTURE II (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
|
PERTANYAAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1
|
6
|
Menurut saya malah membuat saya
bingung
|
Lebih asik saat belajar Di kelas
|
5
|
Sama dengan biasa
|
2
|
5
|
Mudah namun lebih mudah jika
belajar secara langsung dengan dosen, dengan begitu kita dimudahkan dengan
penjelasan secara langsung.
|
Penjelasan nya secara langsung
lebih bagus karena jika hanya membaca materi belum tentu bisa dengan mudah
dimengerti.
|
6
|
Menurut saya sistem penilaian
sekarang sudah baik. Melalui google classroom sehingga kita langsung bisa
melihat nilai kita sendiri setelah dinilai.
|
3
|
4
|
Memudahkan
|
Pertemuan pertama materi pertemuan
kedua tugas.
|
4
|
Untuk nilai bagus.
|
4
|
5
|
Tentunya daring membuat belajar
lebih sedikit sulit dalam memahami materi
|
Diberikan penjelasan secara
langsung melalui ucapan dari dosen
|
6
|
Sejauh ini dalam sistem penilaian
sudah cukup baik, hanya saja mungkin jika paper mahasiswa sudah dinilai dan
dikembalikan, alangkah baiknya jika paper yang dikembalikan itu ada
coretan-coretan (jika ada yang salah) supaya mahasiswa tau kesalahannya dimana.
|
5
|
4
|
tidak, karna saya ketetoran saat
ada tugas banyak.
|
seharusnya dilakukan diskusi
bersama, di soal setelah di jelaskan dengan sejelas jelas nya
|
5
|
sistem penilainya sudah baik tapi
tidak di jelaskan kenapa terjadi kesalahan dan seharusnya
jawabannya apa tidak ada
|
6
|
4
|
Iya terkadang
|
1. Seharusnya materi dijelaskan
dengan bahasa Indonesia dicampur bahasa Inggris.
2. Materi yang dijelaskan harus sesuai bab, seperti dalam penggunaan to be pada modal, yang dijelaskan kurang tepat. 3. Jika ada yang bertanya pada komentar Google Classroom dan via WA seharusnya dijawab, karena para mahasiswa sudah bertanya sesuai jam mata kuliah. |
4
|
Cukup memuaskan, tetapi seharusnya
lebih teliti dalam menilai.
|
7
|
6
|
Menurut saya kurang memudahkan,
karena menurut saya pembelajaran structure II akan memudahkan dalam belajar
ketika bisa berinteraksi secara langsung kepada dosen dan rekan-rekan.
Sehingga kita bisa secara langsung melakukan pemahaman bersama, dan tanya jawab
secara langsung.
|
Menurut saya, pembelajaran
structure adalah pembelajaran yang menyangkut tentang pemahaman, alangkah
lebih baiknya jika pembelajarannya tidak hanya diberi soal-soal yang harus di
isi, namun mahasiswa dilatih untuk memahaminya dalam mengimplementasikan apa
yang ada dalam pembelajaran structure, seperti mempraktikkan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
7
|
Menurut saya sistem penilaian
sudah baik, karena sesuai dengan apa yang dikerjakan oleh siswa, dan dosen
pun juga secara langsung merevisi kesalahan siswa, sehingga siswa tau dimana
letak kesalahannya.
|
8
|
4
|
Tidak
|
Diberi sejumlah video
menarik
|
5
|
Sudah bagus
|
9
|
7
|
Iya
|
Meskipun secara daring seharusnya
mahasiswa tetap dibekali penjelasan sehingga ketika ada mahasiswa yang tidak
mengerti mampu mengerjakan tugas dengn baik.
|
7
|
Tetap dibekali penjelasan secara
rinci
|
10
|
6
|
Secara materi saya sebenarnya
lebih mudah untuk memahami sesuatu dengan penjelasan lisan dari dosen. Jadi
sejauh ini pembelajaran structure dengan cara online agak membuat saya
kesulitan.
|
Saya rasa seharusnya ada
keseimbangan antara tatap muka langsung dengan dosen dan materi baca.
|
Saya rasa penilaiannya sudah cukup
subjektif.
|
|
11
|
6
|
Satu sisi menguntungkan tapi satu
sisi menyulitkan, karena kita harus mencari kualitas jaringan agar bisa
mengikuti pembelajaran secara daring. Dan kendalanya juga pada kuota internet
yang terkadang menipis
|
Mungkin, bisa lebih ditingkatkan
lagi dalam penjelasan materi
|
6
|
Sejauh
ini pembelajarannya sudah baik. Tapi permasalahannya ada pada
jaringan internet
|
12
|
4
|
Tidak
|
Dijelaskan secara detail dan
berulang-ulang
|
4
|
Kurang paham
|
13
|
5
|
Kurang
|
Seharusnya dilakukan secara
bertatap langsung karena banyak penjelasan yang harus dijelaskan
|
6
|
Sudah bagus, namun terkadang jika
jawaban sama entah itu sengaja atau tidak pasti dibilang mencontek
|
14
|
6
|
Sedikit memudahkan. Karena kita
mendapat penjelasan secara tertulis, sehingga dapat dijadikan sebagai catatan
pribadi di buku masing2. Tugas yang diberikan juga sesuai dengan buku
penunjang yang digunakan.
|
Dijelaskan terlebih dahulu secara
lisan dan rinci baru diberikan tugas. Karena pada beberapa materi terdapat
kekeliruan dalam pengetikan, sehingga membuat mahasiswa bingung dalam
memahami maksud materi yang sedang disampaikan.
|
7
|
Kita tidak hanya sekedar diberi
tahu berapa nilai kita melalui google classroom atau blog, tetapi juga
diberikan penjelasan secara langsung tentang kesalahan kita dalam mengerjakan
soal. Paling tidak bisa mencoret2 paper mahasiswa. Ini akan membantu kita
dalam mempelajari kesalahan. Walaupun di halaman blog sudah dicantumkan jawaban
yang benar, tetapi beberapa dari kita terkadang malas untuk mengecek dan
cenderung menerima hasil tanpa mempelajari kesalahan dikarenakan kesibukan di
luar pembelajaran (kerja).
|
15
|
4
|
tidak
|
harus melalui penjelasan voice
note atau video penjelasan
|
5
|
sistem penilaian nya melalui
Google classroom
|
16
|
4
|
tidak
|
dijelaskan dengan detail
|
6
|
terdapat penjelasan kesalahan
|
17
|
7
|
Tidak, karena banyak kendala dan
hambatan.
|
Sejauh ini pembelajaran sructure
II sudah bagus, tapi menurut saya pembelajaran structure II perlu
ditingkatkan lagi.
|
7
|
Seharusnya memberikan tugas, yang
pengumpulan tugasnya yang jelas memberi waktu yang pasti agar
pengerjaan, dan penilaian tugas dapat berjalan dengan baik.
|
18
|
6
|
Kurang memudahkan
|
Face to face
|
7
|
Dengan memberi nilai langsung
setiap ada tugas atau UTS serta meberitahu jika ada yang salah itu sudah
cukup baik
|
2. SURVEY PEMBELAJARAN WRITING I (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
|
PERTANYAAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1
|
Memudahkan
|
Pertemuan minggu
pertama materi minggu kedua tugas
|
4
|
Sudah bagus
|
|
2
|
5
|
Untuk pembelajaran
writing, dalam daring ataupun langsung dengan dosen menurut saya sama
mudahnya. Dikarenakan untuk writing sebenarnya kita sudah mempelajari dari
masa saat SMK. Namun juga perlu belajar lebih giat lagi.
|
Lebih bagus jika
belajar dengan dosen secara langsung. Dikarenakan untuk daring selalu
terkendalan sinyal dan lain sebagainya. Untuk pembelajaran writing yang
sekarang menurut saya sudah bagus. Tapi alangkah baiknya jika dosen
menambahkan pesan suara saat menjelaskan.
|
6
|
Melalui google
classroom itu sudah yang seharusnya, dikarenakan itu sangat memudahkan kita
melihat nilai kita.
|
3
|
7
|
Secara daring tentunya
sedikit mengalami kesulitan dalam pemahaman materi.
|
Saya pribadi lebih
mudah memahami materi jika dijelaskan secara langsung, jadi sebaiknya
penjelasan materi dilakukan secara langsung dengan suara/ucapan dosen.
|
6
|
Sama seperti
structure, penilaiannya sudah cukup baik. Namun, lebih baik lagi jika diberi
coretan pada paper mahasiswa apabila terdapat kesalahan.
|
4
|
6
|
Menurut saya
memudahkan
|
Pembelajaran writing
menurut saya sudah efektif, karena kita terus dilatih untuk menulis dengan
baik dan benar.
|
6
|
Menurut saya sudah
baik, dan sangat membantu, karena ketika mahasiswa ada kesalahan, dosen
langsung menunjukkan letak kesalahannya dan merevisi.
|
5
|
5
|
bisa jadi iya, bisa
jadi tidak karna ia saya bisa cari tau cara² buat kalimat, tidak karna
kurangnya penjelasan secara langsung oleh dosen saya sulit memahami materi
|
dilakukan secara
langsung, atau mungkin jika tidak bisa langsung bisa lewat seperti vidio call
banyak trus dosennya menjelaskan seperti biasa atau lewat vidio dosen
menjelaskan trus kita bisa bertanya jika kurang jelas seperti itu
|
5
|
dijelaskan letak
kesalahan dan diberi tahu seharusnya jawaban yang benar
|
6
|
4
|
Iya terkadang
|
1. Saat memberi tugas
seharusnya jangan terlalu banyak dan sulit, seharusnya secukupnya saja dan
cukup dikuasai oleh mahasiswa dalam memberi tugas.
2. Saat menjelaskan materi, seharusnya lebih teliti dalam menjelaskan. Harus sesuai dan tidak salah - salah, karena bisa membingungkan mahasiswa dalam menangkap materi. 3. Jika ada yang bertanya melalui Google Classroom pada saat jam mata kuliah, seharusnya dijawab. |
4
|
Sudah cukup memuaskan,
tapi harus lebih teliti.
|
7
|
7
|
Mudah dipahami karena
penjelasannya jelas juga dibantu Youtube dan referensi lain
|
Sudah bagus
|
7
|
Sudah bagus
|
8
|
7
|
Alhamdulillah iya
|
Tetap diberikan
penjelasan secara rinci
|
7
|
Menurut saya sudah
baik dan objektif, jadi tidak ada komentar
|
9
|
5
|
Saya bukan tipe orang
yang akan sangat mudah memahami sebuah materi hanya dengan membaca, menurut
saya pembelajaran hanya dengan membaca kurang efektif
|
Ada peran aktif guru
menjelaskan dan tanya jawab dengan murid
|
6
|
Sudah cukup subjektif
|
10
|
6
|
Memudahkan
|
Lebih ditingkatkan
lagi dalam penyampaian materi
|
6
|
Menurut saya sejauh
ini sudah baik
|
11
|
6
|
Tidak
|
Dijelaskan secara
detail ,dan diberikan contoh yang jelas dan tidak membingungkan
|
6
|
Saya kurang paham
|
12
|
6
|
Bisa dibilang seperti
itu
|
Seharusnya tetap
bertatap muka langsung agar dosen bisa memberikan penjelasan secara langsung
|
6
|
Bagus, namun terkadang
saat jawaban sama entah sengaja atau tidak pasti dianggap mencontek sehingga
nilai dikurangi
|
13
|
6
|
Tidak sepenuhnya.
Karena kita berusaha memahami materi secara mandiri tanpa harus dijelaskan
sehingga terkadang saya kurang yakin dalam merangkai sebuah kalimat.
|
Dijelaskan terlebih
dahulu secara lisan. Tapi berhubung masih dalam keadaan yang tidak
memungkinkan paling tidak dibuatkan sebuah ebook rangkuman sebagai pedoman
kami dalam membuat kalimat.
|
6
|
Kita tidak hanya
sekedar diberi tahu berapa nilai kita melalui google classroom atau blog,
tetapi juga diberikan penjelasan secara langsung tentang kesalahan kita dalam
mengerjakan soal. Ini akan membantu kita dalam mempelajari kesalahan.
Walaupun di halaman blog sudah dicantumkan jawaban yang benar, tetapi
beberapa dari kita terkadang malas untuk mengecek dan cenderung menerima
hasil tanpa mempelajari kesalahan dikarenakan kesibukan di luar pembelajaran
(kerja).
|
14
|
4
|
tidak
|
dengan menggunakan
voice note atau video penjelasan secara rinci
|
5
|
sistem penilaian
writing dengan menggunakan google classroom
|
15
|
4
|
tidak
|
dijelaskan dengan
detail
|
6
|
mendapat penjelasan
dari kesalahan
|
16
|
7
|
Tidak, karena banyak
kendala dan hambatan.
|
menurut saya
pembelajaran writing I perlu ditingkatkan, sejauh ini pembelajaran writing I
sudah bagus.
|
7
|
Seharusnya memberikan
tugas, yang pengumpulan tugasnya jelas. memberi waktu yang pasti, agar
pengerjaan dan penilaian tugas dapat berjalan dengan baik.
|
17
|
6
|
Alhamdulillah sedikit
membantu
|
Face to face di dalam
kelas dengan kegiatan belajar mengajar
|
6
|
Dengan memberi nilai
langsung jika ada tugas yang telah d kumpulkan dan memberi koreksi itu sudah
cukup baik
|
3. SURVEY PEMBELAJARAN SOCIOLINGUISTIC (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
|
PERTANYAAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1
|
7
|
Cukup tetapi lebih
memudahkan untuk bertatap langsung
|
Interaksi langsung
antara mahasiswa dan dosen
|
7
|
Seperti ini sudah
bagus
|
2
|
7
|
Iya. Karena penggunaan
media online sudah sangat maksimal jadi pembelajaran sangat menyenangkan
|
Menurut saya
pengajaran yang sekarang sudah begitu Bagus
|
6
|
Mungkin penilaian
keseluruhan kelas harusnya di berikan lewat google classroom. Karena ada beberapa
anak yang tidak tau tentang keseluruhan nilai yang dibuat dosen.
|
3
|
6
|
Lebih mudah saat
bertatap muka dengan dosen
|
Dilaksanakan dengan
tatap muka langsung
|
6
|
Kalau secara daring
menurut saya sudah baik
|
4
|
7
|
Iya dapat.. Sy
bersyukur dgn proses yg d lakukan slama ini (tanpa video call), sehingga
tanpa perlu menggunakan bnyak kuota. Tp perlu belajar extra karena harus
memahami sndiri materi yg d berikan..
|
Seharusnya dosen
memberikan bnyak contoh2 ttg sub materi sociolinguistic dalam kehidupan
skitar.. karena jika hanya berpanduan pada buku induk yg diberikan, mahasiswa
merasa kesulitan..
|
7
|
No comment.. Everthing
is ok miss..😁
|
5
|
6
|
Cukup. Actually, untuk
bljr sociolinguistic enaknya ya face to face. Karena bljr banyak bahasa dr different local,
|
Karena lagi pandemik
covid 19, pengennya pembelajaran lewat zoom. Paling tdk ada tatap muka online
jadi bervariasi.
|
6
|
Slma ini kita sdh dpt
nilai dr google class.itu ckp mewakili dan sdh bagus. Sesekali penilaiannya
pas video call gt. Langsung bertatap muka.
|
6
|
7
|
Iya
|
Sudah baik
|
7
|
Sudah baik.
|
7
|
4
|
Tidak
|
Face to Face or zoom
|
5
|
Cek hasil jawaban
|
8
|
5
|
Ya, cukup memudahkan
kita untuk belajar tentang SOCIOLINGUISTICS. Karena kita juga dapat mencari
referensi lain secara daring.
|
Sebaiknya pembelajaran
SOCIOLINGUISTIC lebih mudah dilakukan secara face to face (belajar secara
langsung di kelas) sehingga kita dapat lebih mudah memahami.
|
7
|
Menurut saya penilaian
pembelajaran SOCIOLINGUISTIC yang dilakukan secara Daring sekarang ini,
sangat bagus. Karena setelah mengumpulkan tugas berselang beberapa hari kita
dapat mengetahui Nilai Tugas kita, berbeda dengan manual.
|
9
|
6
|
Menurut saya
pembelajaran SOCIOLINGUISTIC secara daring ada mudah dan sulitnya, dengan
penjelasan tertulis yang secara rinci dapat dengan mudah memahaminya tapi
saat tidak paham mengenai materinya harus baca - baca dari sumber lain.
|
Menurut saya seperti
ini sudah cukup.
|
7
|
Menurut saya sistem
penilaian pembelajaran SOCIOLINGUISTIC sangat sportif, jadi saat mahasiswa
telat mengumpulkan tugas mendapatkan konsekwensi berupa nilainya tidak akan
sama dengan mahasiswa yang mengumpulkan tepat waktu.
|
10
|
6
|
ya
|
sebaiknya ada tatap
muka secara langsung antara pengajar dan mahasiswa
|
6
|
subjektif
|
11
|
6
|
saya masih sulit
mengakses dengan handphone
|
penjelasan materi yang
mudah dimengerti
|
6
|
penilaian yang
memungkinkan mahasiswa mengetahui hasil
|
4. SURVEY PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (SURVEY PERTANYAAN DAN RESPON)
NO
|
PERTANYAAN
|
||||
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
1
|
7
|
Iya
|
Dengan diberikan materi yang cukup
jelas, sehingga mahasiswa dengan mudah memahami materi
|
7
|
Nilai langsung dicantumkan agar
mahasiswa dapat mengukur kemampuan dan daya fikirnya
|
2
|
7
|
Memudahkan dalam belajar, karena
bisa belajar bahasa Inggris di manapun
|
Lebih banyak menekankan pada
penggunaan vocabulary dan pelatihan tenses
|
7
|
Dinilai dari keaktifan belajar dan
pengumpulan tugas yang tepat waktu, serta jawaban yang digunakan dalam
mengumpulkan tugas
|
3
|
6
|
Lumayan memudahkan
|
Lebih menekankan pada
pembelajaran pengucapan, mungkin karena kultur Indonesia jadi agak susah
faham dengan pelafalan
|
6
|
Sudah baik,
disampaikan secara transparan
|
4
|
5
|
Tidak
|
Alangkah baiknya untuk
pembelajaran b.inggris dilaksanakan secara tatap muka
|
5
|
Seharusnya dijelaskan
dalam bentuk video atau pesan suara
|
5
|
5
|
Iya.. melihat kondisi
saat ini karena pandemi corona . Daring memudahkan mahasiswa mempelajari
materi perkuliahan.
|
Menurut saya harus
lebih menjelaskan agar mahasiswa lebih paham mengenai materi yang di ajarkan.
Di bantu dengan contoh dan media pembelajaran yang menarik.
|
6
|
Obyektif dan sesuai
dengan hasil yang di capai mahasiswa masing-masing.
|
6
|
6
|
Alhamdulillah iya
|
Seharusnya menggunakan
pembelajaran tatap muka
|
7
|
Sistem penilaiannya
sudah baik
|
7
|
6
|
Iya
|
Di kasih kejelasan
|
6
|
Bagus
|
8
|
6
|
Iya
|
Harus ada tambahan
untuk bertatap muka sehingga lebih mempermudah lagi dalam pembelajaran
|
6
|
Dilakukan secara
transparan
|
9
|
6
|
Iya, karena pada kondisi pandemi corona saat ini
pembelajaran daring dapat menjadi solusi agar
kegiatan pembelajaran tetap berlangsung dan memudahkan mahasiswa untuk
tetap mendapatkan materi perkuliahan.
|
Menurut saya pada saat
pembelajaran harus diberikan penjelasan mengenai materi yang akan diberikan
agar mahasiswa menjadi lebih mudah untuk menerima dan memahami materi yang
disampaikan. Dapat diberikan media
pembelajaran power point dan sebagainya untuk memberikan materi dan
contoh.
|
6
|
Sesuai dengan
kemampuan dan hasil yang telah dicapai setiap mahasiswa
|
10
|
5
|
Ya
|
Sedikit susah,tapi
menyenangkan
|
7
|
|
11
|
5
|
Lumayan bisa
|
Bertatap muka face to
face tapi saat ini ada kendala jadi tidak masalah jika menggunakan alat
komunikasi ponsel(hp)
|
6
|
Kalau saya sih setuju
saja dosen memberikan tugas dan waktu deadlinenya kapan saya akan kerjakan
tugas itu dengan baik
|
12
|
7
|
iya
|
diberikan materi
secara langsung
|
7
|
tidak ada masalah pada
penilaian
|
13
|
Ya
|
Setiap pertememuan
membahas materi,tidak tugas terus
|
6
|
Penilaian sudah baik
|
|
14
|
6
|
Menurut saya cukup
memudahkan namun saya sedikit kesulitan untuk memahami karena kurang bertatap
muka langsung
|
Ya seharusnya kita
bisa bertemu langsung dengan dosen supaya lebih mudah untuk bertanya apa yang
sulit dan mana yang tidak di pahami apa lagi saya yang sangat kurang memahami
bahasa inggris
|
6
|
Ya penilaian yang
dilakukan sudah cukup baik tetapi dalam absensi masih ada kekurangan sedikit
dalam pengisian absensi daring
|
15
|
6
|
Tidak
|
Dilakukan pembelajaran
dengan cara tatap muka agar yang blum paham bisa ditanyakan dan d jelaskan
secara rinci
|
7
|
Seperti biasanya
saja,selesai mengerjakan besok muncul
nilai agar peserta didik tau seberapa kemampuanya
|
16
|
6
|
Iya
|
Menurut saya ,
pembelajaran daring bahasa inggris saat ini cukup baik, namun jangan hanya
diberikan tugas saja , namun materinya juga harus dijelaskan , agar mahasiswa
lebih mengerti lagi
|
6
|
Menurut saya,
penilaiannya harus sesuai dengan bobot
jawaban dari tugas yang diberikan dan waktu pengumpulan harus sesuai
dengan ketentuan dosen
|
17
|
6
|
Iya dibandingkan
dengan mata kuliah yang lain bahasa Inggris lebih mudah daringnya , tapi
tidak dengan jawabannya
|
Saya lebih setuju jika
tugas individu daripada kelompok Karena kelompok lebih mensulitkan mahasiswa
|
6
|
Sudah efektif jika
mahasiswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu tanpa konfirmasi maka jangan
diterima , begitu pun sebaliknya jika mahasiswa sudah mengerjakan nya
walaupun kurang maksimal setidaknya mahasiswa sudah berusaha jadi patut
diberikan nilai
|
18
|
7
|
Iya
|
7
|
||
19
|
7
|
Ya
|
7
|
||
20
|
3
|
Tidak, saya kurang
menguasai materi yang di berikan
|
Menerangkan satu
persatu materi secara terperinci
|
4
|
Menurut saya
pembelajaran bahasa inggris melalui daring sudah bagus. Tapi saya kurang
menangkap materi yang di ajarkan jikalau dosen hanya memberi tugas
|
21
|
6
|
Ya
|
Di Praktekan dalam
penyampaian nya
|
7
|
Sudah Bagus
|
22
|
6
|
Binggung Miss, karena
tidak dijelaskan secara langsung
|
Face to face
|
5
|
Mungkin pakai
aplikasi, tapi kekurangan nya ada teman yang hp nya tidak memungkinkan
|
23
|
5
|
iya
|
Harusnya tetap harus
dilakukan secara langsung, karena jika dilakukan secara langsung semua
kemampuan dasar bahasa inggris dapat diterapkan, yaitu kemampuan listening,
kemampuan speaking dan writing
|
6
|
sudah benar
menggunakan tugas tugas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
If you have question, please written in comment column