Halaman

Jumat, 21 Februari 2020

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PENGEMBANGAN IPTEK


Sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, para pejuang bangsa kita telah berjuang keras dan telah mengorbankan semua tenaga,ide,dan waktunya demi kepentingan kita bersama. Salah satu perjuangan dari beliau yaitu merumuskan suatu pedoman atau aturan yang akan digunakan oleh semua rakyat Indonesia. Maka dari itu tercetuslah Pancasila sebagai dasar negara kita. Tentunya semua perjuangan itu dilandasi dengan sikap nasionalisme dan patrotisme yang tinggi. Jadi sudah sepatutnya kita harus menghargai perjuangan beliau. Jika bukan karena perjuangan beliau, pasti kita tidak akan pernah merasakan apa yang sudah kita rasakan saat ini.
          Perjuangan untuk mencetuskan Pancasila sendiri sebagai dasar negara Indonesia memang tidaklah mudah. Semua hal ini telah melewati lika-liku yang tajam dan panjang. Rumusan awal pancasila sendiri pertama kali dicetuskan oleh bapak proklamator kita yaitu Bapak Ir.Soekarno dalam pidatonya pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. BPUPKI sendiri merupakan sebuah badan bentukan Jepang yang bertugas menyelidiki dan menyusun rencana persiapan kemerdekaan Indonesia. Dan dari sidang BPUPKI ini menghasilkan sebuah rumusan dasar negara kita yaitu Pancasila.
          Pancasila sendiri memiliki lima sila didalamnya (1) Ketuhanan yang Maha Esa (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab (3) Persatuaan Indonesia (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Semua sila-sila tersebut tentunya sudah melalui banyak pertimbangan dan sudah mencapai kesepakatan bersama. Semua hal itu tentunya tidak luput, demi kebaikan bangsa dan negara kita dimasa itu,masa sekarang dan masa depan. Jadi sudah sepatutnya kita menghargai perjuangan beliau dan menjunjung tinggi dasar negara kita dalam setiap tindakan yang akan kita lakukan demi kepentingan kita bersama.
          Pancasila merupakan salah satu aturan atau pedoman yang kedudukannya setara dengan UUD 1945. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Pancasila merupakan dasar negara kita, jadi kita tidak boleh mengubahnya. Dan hal itu, sudah tidak bisa diganggu gugat. Maka dari itu, penting sekali untuk menerapkan nilai-nilai dari Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan. Karena semua nilai-nilai dalam Pancasila akan berdampak positif bagi kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai dari pancasila sendiri sudah mencakup semua hal yang akan kita lakukan nantinya.
          Implementasi nilai-nilai Pancasila sendiri terdiri dari pengembangan iptek, pengembangan politik, pengembangan ekonomi, pengembangan sosial budaya, dan pengembangan HANKAM.
          Tanpa kita sadari saat ini kita telah memasuki, revolusi industri 4.0, dimana kemajuan iptek berkembang dengan cepat dan sangat pesat. Saat ini, kita dengan mudah bisa mengakses informasi dari berbagai belahan dunia manapun. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih tidak menutup kemungkinan, jika hal ini juga akan membawa dampak postif dan dampak negatif bagi kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Jadi sudah sepatutnya kita dapat menyaring  hal-hal yang baik dan buruk. Dan dalam hal ini peranan dari nilai-nilai Pancasila sangat berpengaruh bagi kita.  
          Jika kita mengamati tentang pengembangan iptek saat ini, ada banyak sekali dampak positif dan dampak negatif yang bahkan sudah kita rasakan sendiri dampaknya. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini teknologi berkembang semakin canggih disetiap harinya. Maka, tidak bisa dipungkiri dengan adanya teknologi membuat semua hal yang akan kita lakukan menjadi lebih efektif, lebih mudah, dan lebih cepat. Dengan adanya teknologi saat ini, mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif dan inovatif. Karena hal ini untuk menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Dan untuk mengahadapi era revolusi industri 4.0, harus kita persiapkan mulai saat ini juga. Diharapkan kita dapat memanfaatkan berkembangan teknologi semaksimal mungkin. Apalagi saat ini, kita dapat dengan mudah mengakses segala macam bentuk informasi dari berbagai belahan dunia manapun. Jika kita tidak bisa menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif, kita tidak akan bisa mengikuti perkembangan yang ada di masa depan nanti.
          Seperti apa yang sudah kita rasakan saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi tidak menutup kemungkinan untuk masuknya pengaruh budaya asing ke Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dari gaya berpakaian dan gaya hidup yang cenderung meniru gaya orang barat. Dan pengaruh hal ini sanagat berdampak pada kalangan muda . Kebanyakan dari mereka menggunakan pakaian yang minim dan memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak patut untuk diperlihatkan. Tidak hanya itu, tak jarang pula mereka merubah gaya tatanan rambut dan mewarnai rambutnya dengan berbagai macam warna. Mereka beranggapan, dengan melakukan hal ini agar tidak ketinggalan zaman. Dan hal itu sangat jelas bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Dan kebanyakan orang-orang saat ini, cenderung memiliki sifat individualisme yang tinggi. Padahal Indonesia sendiri dikenal dengan sikap gotong-royong dan ramah tamah yang tinggi. Dan hal ini jelas-jelas tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.
          Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan iptek sangat diperlukan. Karena hal ini akan berdampak bagi kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara.
          Diharapkan nantinya, jika kita akan mengambil suatu tindakan dan keputusan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara dpat menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup. Karena seperti apa yang sudah kita ketahui, jika Pancasila merupakan dasar negara kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita menjadi pribadi yang bijak  dalam segala hal. Kita harus bisa membedakan mana dampak positif dan dampak negatifnya.
          Jika hal itu berdampak positif tidak ada salahnya jika kita menerapkan hal tersebut. Karena itu semua juga demi kebaikan kita nantinya. Berbeda hal jika dampak tersebut merupakan dampak negatif. Sebaiknya kita menjauhinya karena hal tersebut tidak sesuai moral dan kepribadian bangsa Indonesia. Jika kita tidak bisa menyaring dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan iptek hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi kita sendiri.
          Kita sebagai mahasiswa, harus bisa mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. Selain itu kita juga harus lebih menanamkan sikap nasionalisme dan patriotisme. Kita harus lebih selektif lagi dalam menerima pengaruh perkembangan iptek di era revolusi industri 4.0. Kita tidak boleh mudah terbawa pengaruh globalisasi yang saat ini gencar masuk ke Indonesia.
          Semua hal ini kembali lagi pada pribadi kita masing-masing. Dan salah satu cara agar kita tidak mudah terbawa arus globalisasi, bisa kita lakukan dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu kita juga bisa lebih, mengisi waktu luang kita dengan hal-hal yang bermanfaat dan berguna bagi sesama.






DAFTAR PUSTAKA
https://satelitpost.com/redaksiana/iptek-dan-pancasila



BY : DINDA DEWI  PRAMUSHINTA (2019 104 02100)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you have question, please written in comment column