Halaman

Rabu, 19 Februari 2020

PENTINGNYA MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK


Kutipan berita



..................."
Kasus Garuda Indonesia: Erick Thohir pecat sejumlah direktur terkait dugaan penyelundupan motor Harley Davidson

Setelah mencopot I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara dari jabatan direktur utama PT Garuda Indonesia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberhentikan sementara sejumlah direktur terkait kasus dugaan penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Airbus A330-900 Neo.
Komisaris Utama PT Garuda Indonesia, Sahala Lumban Gaol, menyampaikan kabar tersebut usai bertemu dengan Erick, pada Sabtu (07/12).
"Menyepakati hal sebagai berikut, pertama akan memberhentikan sementara waktu semua anggota direksi yang terindikasi terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus dugaan penyelundupan Harley dan Brompton dalam penerbangan seri flight GA 9721 tipe Airbus A330-900 Neo yang datang dari pabrik Airbus di Prancis pada tanggal 17 November 2019 di Soekarno Hatta, Cengkareng sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Sahala kepada para wartawan di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Sabtu (07/12).".........................



Sudahkah kamu melihat berita diatas?, berita diatas adalah berita yang menunjukkan perilaku warga negara yang tidak baik, yaitu dengan dengan membeli barang dari luar negeri tanpa membayar pajak . Hal tersebut sangat tidak patut dicontoh karena dapat merugikan negara, dan sebagai warga negara yang baik, ada baiknya jika kita taat akan pajak
Menjadi warga negara yang baik tidak terlepas dari sifat dan kepribadian diri seseorang, bila sifat dan pribadi seseorang itu baik maka secara otomatis dia akan mejadi warga negara yang baik pula, dan begitupun sebaliknya.
Menjadi warga negara yang baik berarti juga harus menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara, salah satunya adalah kewajiban menaati hukum dan pemerintahan. Dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 1 berbunyi, ‘’ segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.’’ Pasal tersebut menjelaskan bahwa setiap warga negara atau orang orang yang tinggal diwilayah indonesia wajib menaati dan menjunjung tinggi hukum yang berlaku di Indonesia, contohnya seperti membayar pajak tepat waktu,tidak melanggar aturan lalu lintas, melaporkan tindak kejahatan kepada aparat kepolisian Dll.
Semua hukum yang berlaku di Indonesia bertujuan untuk menegakkan keadilan bagi seluruh warga Indonesia itu sendiri tanpa membeda bedakan suku atau ras orang tersebut dan harus mendapatkan keadilan yang sama dimata hukum. Maka dari itu kita sebagai warga negara yang baik harus selalu menaati peraturan pemerintah dimanapun dan kapanpun. Ketaan terhadap peraturan perundang undangan dapat dilaksanakan dalam :
1.      Lingkungan keluarga
Dalam lingkungan keluarga kita bisa menaati perundang undangan dengan cara menaati peraturan yang ada dalam keluarga tersebut dan juga menjaga nama baik keluarga. Sama seperti keluarga, kita juga harus menjaga nama baik negara Indonesia dimata dunia,salah satu caranya adalah dengan mencetak prestasi yang membanggakan.
2.      Lingkungan masyarakat
Dalam lingkungan masyarakat pun kita juga harus menaati perundang undangan yang berlaku, contohnya menaati norma – norma yang ada. Dengan menaati norma dalam masyarakat kita sudah bisa disebut sebagai warga negara yang  baik.
3.      Lingkungan sekolah
Segala kegiatan yang dilakukan oleh siswa tidak lepas dari tata tertib sekolah, mulau dari jam masuk sekolah, mengerjakan tugas, sampai jam pulang sekolah juga diatur dalam tata tertib sekolah. Sebagai siswa yang baik wajib hukumnya untuk menaati semua peraturan yang ada disekolah,dan peraturan tersebut juga dibuat untuk kebaikan murid murid yang ada disekolah

Sebagai penutup, mari kita renungkan semua yang terjadi dalam hidup ini. Peraturan apapun yang kita taati pasti membawa dampak positif bagi diri kita dan orang lain, dan ada baiknya dalam hidup ini kita melakukan apa yang bermanfaat bagi kita dan menjauhi apa yang buruk bagi diri kita. Sekian….



https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-50689915
http://ppknwarganegarayangbaik.blogspot.com/


by : WAFA BIL AHDI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you have question, please written in comment column