Halaman

Senin, 25 Mei 2020

PENDIDIKAN PANCASILA: KISI-KISI UAS 2019


Berikut ini adalah bahan-bahan yang akan digunakan dalam UAS pendidikan Pancasila. Silahkan Mempelajari bab-bab yang telah dipelajari dan pelajarilah pertanyaan berikut ini untuk mengasah critical thinking anda dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.


  1. Menurut Pemahaman Anda APakah yang Dimaksud dengan Pendidikan Pancasila?
  2. Melalui Pendidikan Pancasila anda dapat memahami  contoh warga negara yang baik dan buruk. Berikanlah 5 contoh masing-masing warga negara baik dan warga negara yang buruk mulai dari sila ke I sampai dnegan sila ke 5!
  3. Menurut anda apakah perbedaan ILMU, PENGETAHUAN dan FILSAFAT? Jelaskan dan berikanlah contoh!
  4. Pendidikan Pancasila merupakan idologi negara kita dan hal ini wajib kita pahami dan dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan hal ini, bagaimanakah menurut anda pembelajaran Pendidikan Pancasila? Apakah manfaat pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam kehidupan anda? Berikanlah contohnya!
  5. Pajak adalah sesuatu yang wajib kita bayar sebagai perwuju dan warga negara yang baik. Hal ini dikarenakan pajak digunakan dari kita, oleh kita dan untuk kita. Berdasarkan hal ini dapatkan anda menceritakan proses fungsional pajak mulai dari pemungutan pajak sampai dengan hasilnya?
  6. “HUKUM TUMPUL KEATAS DAN TAJAM KEBAWAH” bagaimanakah menurut anda istilah unik diatas jika dikaitkan dengan REALITA dan PANCASILA? Mengapa hal itu bisa terjadi?Jelaskan!
  7. Tuliskanlah ISI UUD 1945!
  8. Pancasila merupakan paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Berdasarkan hal tersebut, apakah yang dimaksud dengan paradigma? Mengapa pancasila dijadikan sebagai paradigma dalam kehidupan? Berikanlah fakta terkait hal tersebut!
  9. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkonstitusi UUD 1945 telah mengalami amandemen sebanyak empat kali. Buatlah diagram tentang sistem pemerintahan Indonesia (Lembaga-Lembaga Negara) sebelum dan setelah amandemen.
  10. Apakah anda ketahu tentang BPK? Jelaskanlah tentang keberadaan BPK beserta fungsi dan peranannya !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you have question, please written in comment column