SILABUS
Program Studi : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Mata Kuliah & Kode : Pendidikan Pancasila
SKS : 2 (Teori)
Semester : I
Mata Kuliah Prasyarat : Tidak ada
Dosen :
I. DESKRIPSI MATA KULIAH:
Perkuliahan ini membahas tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik dan ideologi nasional, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan R.I dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
II. STANDAR KOMPETENSI MATAKULIAH
- Mampu mengambil sikap bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik (good citizen) sesuai dengan hati nuraninya.
- Mampu memaknai kebenaran ilmiah-filsafati yang terdapat di dalam Pancasila
- Mampu memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.
- Mampu berpikir integral komprehensif tentang persoalan-persoalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
- Mampu memecahkan persoalan sosial politik dalam perspektif yuridis kenegaraan
- Mampu memecahkan persoalan sosial politik, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan berparadigma pada pancasila
III. STRATEGI PERKULIAHAN
1. Perkuliahan Tatap Muka
2. Kuliah Umum
3. Tugas Kelompok
4. Diskusi/Seminar - Presentasi
5. Tugas Mandiri
6. Ujian Tengah Semester
7. Ujian Akhir Semester
IV. SUMBER BAHAN
A. Wajib:
L. Andriani Purwastuti P, dkk. 2003. Pendidikan Pancasila, Buku Pegangan Kuliah, Yogyakarta: UPT-MKU UNY.
B. Anjuran:
Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
Kaelan. 2003. Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Paradigma.
Magnis Suseno. 1997. Etka Politik, Jakarta: Gramedia.
Syafrudin Bahar, dkk. (ed.). 1995. Risalah Sidang-sidang BPUPKI – PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV).
Hamdan Mansoer, dkk.(ed.). 2002. Kapita Selekta Pendidikan Pancasila (Untuk Mahasiswa) Jakarta: BPPTA-Ditjen Dikti, Depdiknas.
V. SILABUS PERKULIAHAN
Standar
Kompetensi
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi
|
Waktu
|
Sumber/ Alat Pembelajaran
|
Tugas
|
Mampu mengambil
sikap bertanggung jawab
sebagai Warga negara
yang baik (good citizen)
sesuai dengan hati
nuraninya
1
|
1. Mendeskripsikan contoh-contoh perbuatan dan perilaku warga negara yang baik
2. Mendeskripsikan contoh-contoh perbuatan yang tidak bertanggung jawab
3. Mengidentifikasi hak dan kewajiban warga Negara
4. Mendeskripsikan pentingnya Pendidikan Pancasila di PT sebagai upaya menjadi warga negara yang baik
|
1. Menuliskan berbagai macam contoh perilaku warga negara yang baik.
2. Memberikan argumentasi mengapa perilaku tersebut dinilai baik atau buruk
3. Merumuskan hak dan kewajiban warga Negara dalam berbagai bidang
4. Memberikan respon positif terhadap pentingnya Pendidikan Pancasila di PT
|
Landasan
dan tujuan
Pendidikan
Pancasila
|
3 x 50 menit
|
Internet, Laptop, LCD
|
1. Tugas Kelompok
2. Diskusi Kelompok
3. Partisipasi dalam kelas
|
Mampu memaknai
kebenaran ilmiah filsafati
yang terdapat di
dalam Pancasila
2
|
1. Membedakan antara pengetahuan, ilmu dan filsafat
2. Mengidentifikasi ciri-ciri berpikir ilmiah-filsafat
3. Menganalisis Pancasila sebagai berpikir secara ilmiah-filsafati
4. Mendeskripsikan Bentuk dan Susunan Pancasila
5. Mensintesakan hakikat sila-sila Pancasila sebagai kesatuan system
6. Mengevaluasi bentuk dan susunan Pancasila yang bersifat hierarkhis piramidal dan saling mengkualifikasi
|
1. Membedakan argumentasi mengenai perbedaan pengetahuan, ilmu dan filsafat
2. Menuliskan ciriciri berpikir ilmiah-filsafati
3. Menguraikan Pancasila sebagai hasil dari kajian yang berisfat ilmiah filsafat
4. Menjabarkan kembali kesatuan sistem sila-sila Pancasila
5. Membuat penilaian mengenai susunan logis Pancasila yang bersifat hierarkhis pyramidal
|
Pancasila
sebagai
Sistem
Filsafat
|
3 x 50 menit
|
Internet, Laptop, LCD
|
1. Tugas Kelompok
2. Diskusi Kelompok
3. Partisipasi Dalam kelas
|
Mampu memaknai
peristiwa sejarah dan
nilai-nilai budaya bangsa
untuk menggalang
persatuan Indonesia
3
|
1. Mendeskripsikan periodisasi tahaptahap perkembangan sejarah Indonesia
2. Membandingkan karakteristik setiap periode sejarah Indonesia untuk mencari kesinambungan sejarah
3. Menginterpretasi peristiwa sejarah dalam setiap periode untuk menemukan nilainilai persatuan Indonesia
|
1. Menuliskan makna persatuan Indonesia di dalam setiap periode sejarah Indonesia
2. Menuliskan perbandingan implementasi Persatuan Indonesia dalam setiap periode sejarah Indonesia
|
Pancasila
dalam
konteks
sejarah
perjuangan
bangsa
Indonesia
|
3 x 50 menit
|
Internet, Laptop, LCD
|
1. Tugas Kelompok
2. Diskusi Kelompok
3. Partisipasi Dalam kelas
|
Mampu berpikir integral
komprehensif tentang
persoalan-persoalan
hidup berbangsa dan
bernegara
4
|
1. Mendeskripsikan berbagai system etika politik dan ideologi-ideologi besar dunia
2. Membandingkan sistem etika Pancasila dengan liberalisme dan komunisme
3. Menganalisis Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
1. Merumuskan konsep Pancasila sebagai ideology
2. Mendiskusikan ciri-ciri ideology liberalisme, komunisme dan Pancasila
3. Menguraikan ciriciri idelogi terbuka yang terdapat dalam Pancasila
|
Pancasila
sebagai
sistem etika
politik dan
ideologi
negara
|
3 x 50 menit
|
Internet, Laptop, LCD
|
1. Tugas Kelompok
2. Diskusi Kelompok
3. Partisipasi Dalam kelas
|
UTS
| ||||||
Mampu memecahkan
persoalan sosial politik
dan perkembangan
ipteks dari perspektif
yuridis
5
|
1. Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundangan R.I
2. Mensintesakan isi Undang-Undang Dasar 1945 setelah Amandemen
3. Mengidentifikasi berbagai macam lembaga negara sesuai dengan UUD 1945 setelah Amandemen
4. Menganalisis hasil hasil peraturan perundangundangan yang berkaitan dengan sistem politik (demokrasi) di era reformasi.
|
1. Menuliskan tata urutan peraturan perundangan R.I
2. Membuat rangkuman isi UUD 1945 setelah Amandemen
3. Mendiskusikan fungsi lembaga tinggi negara
4. Mendiskusikan isi Undang-Undang Pemilu sebagai implementasi demokrasi Indonesia
|
Pancasila
dalam
konteks
Ketatanegar
a-an R.I (UUD 1945
setelah
Amandeme
n dan
peraturan
perundanga
n dalam
bidang
politik)
|
3 x 50 menit
|
Internet, Laptop, LCD
|
4. Tugas Kelompok
5. Diskusi Kelompok
6. Partisipasi Dalam kelas
|
Mampu memecahkan
persoalan-persoalan
sosial politik dan
perkembangan ipteks
dengan paradigma
Pancasila
6
|
1. Mengidentifikasi berbagai persoalan bidang social politik dan ipteks
2. Mengaplikasikan paradigm Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan
3. Mengevaluasi persoalan bidang sosial politik untuk proyeksi Indoesia Baru
4. Memposisikan diri sebagai warga negara yang baik
|
1. Mendiskusikan masalah ekonomi, pendidikan, iptek, seni dan budaya ditinjau dari paradigm Pancasila
2. Menulis hasil refleksi pribadi untuk berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa bernegara Indonesia
|
Pancasila
sebagai
paradigma
kehidupan
dalam
bermasyara
kat,berbang
sa dan bernegara
|
3 x 50 menit
|
Internet, Laptop, LCD
|
7. Tugas Kelompok
8. Diskusi Kelompok
9. Partisipasi Dalam kelas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
If you have question, please written in comment column