Halaman

Kamis, 21 Mei 2020

KISI-KISI UAS LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA 2018


Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan lengkap dan jelas!
1.        Landasan Pendidikan mempelajari seluk beluk dan aspek-aspek dalam pendidikan. Pendidikan merupakan suatu aspek dan hasil budaya terbaik manusia  yang dapat digunaan secara berkelanjutan dalam kehidupan. Berdasarkan hal tersebut jelaskanlah pengertian
a.       Mendidik
b.      Mengajar
c.       Belajar
d.      Pendidik
e.       berpendidikan
2.      Apakah perbedaan
a.    Tujuan Pendidikan
b.    Tujuan Pendidikan Nasional
3.        Berdasarkan UU SISDIKNAS No 20 tahun 2003, pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan Nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntunan perubahan zaman. Menurut Anda tantangan terbesar dunia pendidikan pada saat ini adalah? Dan bagaimana cara menghadapinya?
4.        Dalam dunia pendidikan, pendidikan dibedakan menjadi 2 yaitu: Pendidikan formal dan informal.
a.         Apakah yang dimaksud dengan:
·           pendidikan formal
·           pendidikan informal
b.         Berikanlah contoh dari:
·           Pendidikan formal
·           Pendidikan informal
5.        Menurut pemahaman anda, Apakah pentingnya mempelajari landasan pendidikan? Dan apakah implikasi landasan pendidikan dalam kehidupan anda?
6.        Ilmu pendidikan berasal dari pelbagai ilmu seperti sosilogi,psikologi dan filsafat. Oleh karena itu, di dalam ilmu pendidikan ditemukan berbagai macamaliran seperti Empirisme, Nativisme, Naturalisme dan    Konvergensi. Jelaskanlah pegertian masing-masing aliran tersebut dan berikanlah contoh!
7.        Teori –teori pendidikan ada begitu banyak seperti behaviorisme, kognitivisme, konstructivisme dan humanistic. Berdasarkan teori-teori belajar diatas, teori manakah yang sesuai dengan zaman pada saat ini? Jelaskanlah!
8.        Mengukur Mutu pendidikan Indonesia telah tercantum dalam UU sisdiknas pada tahun 2003. Berdasarkan ragam dan sasarannya,pencapaian mutu pendidikan dapat dilakukan melalui 3 cara. Sebutkan dan jelaskanlah tiga cara yang dapat dijadikan sebagai alat pengukur mutu pendidikan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If you have question, please written in comment column