PLEASE SETTING YOUR PHONE " VIEW AS DESKTOP" TO WATCH THIS VIDEO
MEETING 1= Perbedaan Pendidikan Ilmu Sosial dan Studi Sosial
- SIlahkan membaca silabus terkait maeri yang akan dibahasa selama 1 semester
- Silahkan bergabung pada kelas GCR (click here) dan isi daftar hadir (pada jam perkuliahan saja)
- Untuk melihat materi pembelajaran pada hari ini silahkan untuk melihat video pembelajaran di bawah ini.
jika video tidak bisa dilihat menggunakan HP, silahkan di rubah setting HP saudara menjadi VIEW AS DESKTOP
- Berdasarkan video pembelajaran tersebut, silahkan mengerjakan tugas (YANG DI KERJAKAN PADA BLOG PEMBELAJARAN BUKAN VIDEO) yang wajib dikumpulkan pada GCR, TUGAS PERTEMUAN KE 1, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini
1. Sebutkan dan jelaskan perbedaan dari ilmu sosial dan studi sosial dipandang dari para ahli.
2. Sebutkan dan jelaskan perbedaan dari ilmu sosial dan studi sosial menurut saudara dan berikan contoh nyata.
3. Sebutkan, jelaskan dan berikan contoh perbedaan studi sosial dan Pendidikan ilmu sosial di pandang dari segi PENGERTIAN, OBJEK KAJIAN, METODE PENDEKATAN DAN RUANG LINGKUP
NOTE: Batas Pengumpulan pada Hari Rabu 11 September 2024 pukul 23.00
MEETING 2- BERFIKIR KRITIS TERHADAP SUATU MASALAH TERKAIT STUDI SOSIAL
1. Isilah absensi melalui GCR (hanya berlaku sela jam pembelajaran)
2. Silahkan untuk melihat video di bawah ini:
jika video tidak bisa dilihat menggunakan HP, silahkan di rubah setting HP saudara menjadi VIEW AS DESKTOP
3. Berdasarkan video tersebut, jawablah beberapa peranyaan berikut ini
Setelah mengikuti berita terkait "Peringatan Darurat" yang muncul usai rapat Baleg DPR, jelaskan bagaimana peringatan tersebut dapat mempengaruhi kondisi sosial dan politik di Indonesia. Gunakan argumen berdasarkan sumber yang relevan untuk mendukung pendapat Anda.
Menurut Anda, bagaimana peran dan tanggung jawab DPR dalam menangani situasi darurat yang dibahas dalam rapat Baleg? Apakah langkah-langkah yang diambil DPR sudah sesuai dengan harapan masyarakat? Jelaskan dengan alasan yang jelas.
Berikan refleksi mengenai kebijakan yang diusulkan dalam rapat Baleg DPR. Bagaimana menurut Anda kebijakan tersebut dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat, dan apa potensi dampak positif dan negatifnya?
4. Pengerjaan tugas dapat dilakukan dnegan cara menulis atau dikeik, tetapi pengumpulan tugas hanya dengan format MS WORD atau PDF (BUKAN FOTO)
MEETING 3- HAKIKAT STUDI SOSIAL
1. Isilah absensi melalui GCR (hanya berlaku sela jam pembelajaran)
2. Silahkan untuk melihat video di bawah ini:
jika video tidak bisa dilihat menggunakan HP, silahkan di rubah setting HP saudara menjadi VIEW AS DESKTOP
3. Pada video tersebut, terdapat tugas, silahkan mnegerjakan tugas yang telah disajikan dan kumpulkan pada GCR sesuai waktu yang dientukan
MEETING 4- PERMASLAHAN SOSIAL
1. Isilah absensi melalui GCR (hanya berlaku sela jam pembelajaran)
2. Silahkan untuk melihat video di bawah ini:
jika video tidak bisa dilihat menggunakan HP, silahkan di rubah setting HP saudara menjadi VIEW AS DESKTOP
3. Berdasarkan video tersebu, silahkan membuat rangkuman terkait apa saja materi yang d bahas dan seberapa besar pemahaman saudara terkait materi hari ini.
MEETING 5- PANDANGAN MAHASISIWA TERHADAP PERMASALAHAN SOSIAL
A. Isilah absensi melalui GCR (hanya berlaku sela jam pembelajaran)
B. Berdasarkan pembelajaran minggu lalu "permasalahan sosial", jawablah pertanyaan di bawah ini
Identifikasi salah satu permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar Anda, seperti kemiskinan, pengangguran, kesenjangan pendidikan, atau masalah lingkungan. Analisis permasalahan tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa penyebab utama dari permasalahan sosial yang Anda pilih?
Siapa saja pihak yang terkena dampak dari permasalahan tersebut?
Bagaimana permasalahan ini memengaruhi kehidupan masyarakat secara keseluruhan?
Apa solusi yang menurut Anda dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini? Jelaskan mengapa solusi tersebut efektif atau tidak.
Bagaimana peran Anda sebagai individu atau sebagai mahasiswa dapat berkontribusi dalam mengurangi permasalahan ini?
Instruksi:
Tuliskan jawaban Anda dalam esai kritis dengan panjang 500-700 kata. Berikan argumen yang didukung oleh data atau contoh nyata dari lingkungan Anda.
C. Pengerjaan tugas dapat dilakukan dnegan cara menulis atau dikeik, tetapi pengumpulan tugas hanya dengan format MS WORD atau PDF (BUKAN FOTO)
MEETING 6-7 - KEUTAMAAN SEBUAH KERAGAMAN
Untuk memahami materi ini, silahkan mahasiswa untuk menjawab beberapa pertanyaan di bahah ini.
untuk menjawab peranyaan berikut, moon diperhatikan. MAHASISWA DENGAN NOMOR ABSEN GANJIL MOHON MENGEJRKANA NO GANJIL DAN MAHASISWA DEnGAN NOMOR ABSEN GENAP MENGERJAKAN YANG GENAP.
Apa
saja tantangan utama yang dihadapi masyarakat ketika berusaha merayakan
keragaman, dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya?
Bagaimana
menurut Anda, apakah keragaman dapat memicu konflik dalam masyarakat? Jika
iya, bagaimana cara mengelola konflik tersebut agar tidak merusak harmoni
sosial?
Apakah
keragaman budaya bisa menjadi faktor utama dalam memajukan inovasi di
suatu negara? Jelaskan contoh yang relevan!
Dalam
konteks Indonesia, apa peran Pancasila dalam menjaga persatuan di tengah
keragaman? Apakah Pancasila masih relevan saat ini?
Bagaimana
sistem pendidikan dapat lebih efektif mengajarkan penerimaan terhadap
keragaman di sekolah dan universitas? Berikan usulan konkrit!
Apakah
menurut Anda globalisasi memperkuat atau justru merusak identitas lokal
dalam masyarakat yang beragam? Jelaskan argumen Anda!
Pengerjaan tugas dapat dilakukan dnegan cara menulis atau dikeik, tetapi pengumpulan tugas hanya dengan format MS WORD atau PDF (BUKAN FOTO)
MEETING 8- PEMBAGIAN KELOMPOK
Materi kelompok adalah
1. Keragaman dan permasalahan sosial
2. Remaja dan permasalahannya
3. Masyarakat desa dan masayrakat kota
4. Tawuran Masa
5. Anarkisme
Silahkan bagi kelas saudara dalam 5 kelompok. Masing-masing-kelompok silahkanmembuat
1. PPT
2. Video Persentasi (sesuai materi)
Silahkan unggah file tugas saudara dalam waktu 2 minggu. Yang mengumpulkan hanya ketua kelompok
Silahkan untuk melihat Materi pembelajaan yang telah tersedia. Setelah itu, silahkan untuk meliat video pembelajaran.
Setelah melihat video pembelajaran, jika ada yang di tanyakan, silahkan untuk bertanya di WA Group dengan keentuan " Nim_Nama Lengkap_Pertanyaan".
Kelompok penyaji mohon siap sedia dengan ertanyaan dari teman2 mulai dari jam 15.30 smapai dnegan 16.40 (respon jawaban, mohon melaui voice note dnegan keentuan "NIM_Nama Lnegkap_Jawaban)
Setelah sesi tanya jawab berakhir, silahkan untuk Melihat GCR dan mengerjakan tugas yang diberikan dalam bentuk PDF.
MEETING 10- Wawasan Keragaman dan Permasalahan Sosial
Pertanyaan :
Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia menghadapi berbagai konflik sosial berbasis SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan). Salah satu kasus yang mencuat adalah konflik di Papua, di mana ketegangan antara pemerintah dan masyarakat setempat dipicu oleh masalah ekonomi, diskriminasi, dan kurangnya komunikasi yang efektif. Selain itu, konflik sosial di berbagai daerah sering kali dipicu oleh penyebaran informasi palsu di media sosial, yang memperburuk situasi. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah seperti memperkuat penegakan hukum, memperluas dialog antar kelompok masyarakat, dan meningkatkan pendidikan toleransi, tetapi dampaknya masih dirasakan beragam.
Bagaimana Anda mengevaluasi kebijakan pemerintah dalam menangani konflik sosial berbasis SARA di Indonesia, dan apa rekomendasi Anda untuk mencegah terjadinya konflik serupa di masa depan?
Pengerjaan tugas dapat dilakukan dnegan cara menulis atau dikeik, tetapi pengumpulan tugas hanya dengan format MS WORD atau PDF (BUKAN FOTO)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
If you have question, please written in comment column
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
If you have question, please written in comment column